How To Make Tempeh | Tempeh Starter RAPRIMA How To Make Tape | Yeast Fermentation How To | Tempeh | Tape Ragi Tape for Rice Wine

Cara membuat Tape

Tape dimasyarakat Indonesia ada bebrapa macam , diantarnya adalah Tape singkong, Tape Ketan (Hitam/Putih/warna-warni). Tape merupakan makanan tradisional yang tetap disuka sampai jaman terkini sekalipun krn memang enak, manis dan bagus untuk kesehatan.

Berikut kami sajikan cara membuat tape yang cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun dirumah. Pada prinsipnya proses pembuatan tape ini adalah sama, yang membedakan adalah bahannya saja yaitu Singkong atau Ketan, mengenai proses dan Ragi Tape nya adalah sama.

Tape singkong

1. Siapkan Singkong beberapa butir, kupas kulit nya, cuci bersih.
(dibiarkan utuh atau potong sesuai selera)
2. Rebus singkong tersebut hingga matang.
3. Tiriskan dan dinginkan.
4. Siapkan Ragi Tape beberapa butir (disesuaikan bahan singkong), tumbuk sampai halus seperti tepung (diayak).
5. taburkan / Lumuri Singkong yang sudah dingin itu dengan bubuk Ragi Tape secara merata diseluruh sisinya.
6. siapkan nampan seal macam tupper Ware yang bisa ditutup rapat, peram selama kurang lebih 3 hari lamanya utnuk proses fermentasinya.
7. Tape Singkong siap dihidangkan sesuai selera, bisa dibuat campuran es campur, di jus, atau di goreng juga sangat enak.

SELAMAT MENCOBA…..

3 thoughts on “Cara membuat Tape”

  1. Apa dengan ragi ini tape dijamin manis? Trus tape2 yang dijual di pasaran itu kok rasanya asam ya, kalau boleh tau bedanya apa ya? Terimakasih.

    1. pakai ragi tape secukupnya, 1-2 butir cukup tergantung bahannya, jika singkong pastikan seluruh bagiannya ditaburi ragi tape, demikian juga ketan pakai raginya secukupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

all information about Tempeh