How To Make Tempeh | Tempeh Starter RAPRIMA How To Make Tape | Yeast Fermentation How To | Tempeh | Tape Ragi Tape for Rice Wine

Cara Membuat Tempe

Tempe dan tahu merupakan makanan tradisional sebagian besar masyarakat Indonesia, namun ketahuilah bahwasanya saat ini Tempe telah menyebar keseluruh penjuru dunia.

Kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging.  Akibatnya sekarang tempe diproduksi di banyak tempat di dunia, tidak hanya di Indonesia. Berbagai penelitian di sejumlah negara, seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat.

Teknik pembuatan tempe ini telah dikerjakan masyarakat Indonesia khususnya bermula dari masyarakat Jawa selama beberapa abad yang lalu  dengan prosedur pembuatannya masih sangat sederhana. Berbagai bahan dasar yang dapat digunakan dalam pembuatan tempe, tetapi yang paling populer dan paling banyak dipergunakan adalah tempe berbahan dasar kedelai.

Untuk memperoleh tempe yang berkualitas baik, maka kedelai yang digunakan juga harus yang berkualitas baik dan tidak tercampur dengan biji-bijian yang lain, seperti jagung, kacang hijau dan biji-bijian lainnya. Selain itu, prosedur pengolahan harus dilakukan dengan cermat. Proses pembuatan tempe pada dasarnya adalah proses menumbuhkan spora jamur tempe, yaitu Rhizopus sp., pada biji kedelai.

Dalam pertumbuhannya, Rhizopus sp. membentuk benang-benang yang disebut sebagai benang hifa. Benang-benang hifa ini mengikatkan biji kedalai yang satu dengan biji kedelai lainnya, sehingga biji-biji kedelai ini membentuk suatu massa yang kompak. Massa kedelai inilah yang selanjutnya disebut sebagai tempe.

Selama masa pertumbuhannya, jamur Rhizopus sp. juga menghasilkan enzim yang dapat menguraikan protein yang terdapat dalam biji kedelai, sehingga protein-protein dalam biji kedelai ini mudah dicernakan. Selama masa pertumbuhan jamur Rhizopus sp. Selain Rhizopus, diperkirakan banyak jenis mkiroorganisme lain yang mungkin turut campur, tetapi tidak menunjukkan aktifitas yang nyata.

Namun demikian, aktifitas yang nyata dari mikroorganisme yang mungkin turut campur ini akan terlihat setelah aktifitas pertumbuhan Rhizopus sp. melampaui masa optimumnya, yakni setelah terbentuknya spora-spora baru yang berwarna putih-kehitaman. Hal ini dapat diketahui, terutama pada tempe yang dibiarkan atau disimpan dalam suhu kamar, yaitu dengan terciumnya bau amoniak. Adanya bau amoniak pada tempe menunjukkan bahwa tempe tersebut mulai mengalami pembusukan. Bau amoniak ini masih terasa sekalipun tempe telah dimasak, sehingga dapat menurunkan cita rasa konsumen.

Oleh karena itu, agar diperoleh tempe yang berkualitas baik dan tahan agak lama, maka selama proses pembuatan tempe perlu diperhatikan mengenai sanitasi dan kemurnian bibit (inokulum) yang akan digunakan.

A. ALAT DAN BAHAN

B. 1 ALAT

1. Baskom

2. Saringan

3. Dandang

4. Kipas Angin /Kipas

5. Sotel kayu

6. Tampah

7. Kompor

8. Peralatan lain yang diperlukan

B. 2 BAHAN

1. Kacang kedelai

2. Ragi tempe (inokulum RAPRIMA) atau biakan murni Rhizopus sp.

3. Kantong plastik, atau daun pisang, atau daun jati.

B. CARA KERJA

  1. Cucilah tampah, ayakan, kipas dan cukil yang akan digunakan, kemudian dikeringkan.
  2. Bersihkan kacang kedelai dari bahan-bahan lain yang tercampur, kemudian cuci hingga bersih.
  3. Rendam kacang kedelai yang telah dicuci bersih selama 12-18 jam dengan air dingin biasa (proses hidrasi agar biji kedelai menyerap air sebanyak mungkin ).
  4. Lepaskan kulit biji kedelai yang telah lunak, kemudian cuci atau bilas dengan menggunakan air bersih.
  5. Kukus / rebus biji kedelai tersebut sampai empuk.
  6. Setelah biji kedelai terasa empuk, tuangkan biji-biji tersebut pada tampah yang telah dibersihkan, lalu diangin-angin dengan kipas/ kipas angin sambil diaduk-aduk hingga biji-biji tersebut terasa hangat.
  7. Taburkan ragi tempe (RAPRIMA) yang telah disiapkan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk supaya merata (1,5 gram ragi tempe untuk 2 kg kedelai). 8. Siapkan kantong plastik atau daun pisang, atau daun jati untuk pembungkus.  Bila kantong plastik yang digunakan sebagai pembungkus, berilah lubang-lubang kecil pada kantong tersebut dengan menggunakan lidi atau garpu.
  8. Masukan kedelai yang telah diberi ragi tempe (RAPRIMA) ke dalam pembungkusnya, atur ketebalannya sesuai dengan selera
  9. Proses fermentasi kacang kedelai ini pada suhu kamar selama satu atau dua hari atau hingga seluruh permukaan kacang kedelai tertutupi jamur.

Catatan:

  1. 1.Perhatikan kebersihan tempat kerja dan kebersihan peralatan kerja akan meningkatkan kualitas tempe yang dihasilkan.
  2. 2. Suhu ruang yang lebih hangat mempercepat proses fermentasi jamur pada tempe.

238 thoughts on “Cara Membuat Tempe”

  1. Mohon bantuan Pak, saya tinggal di Canada & penggemar berat tempe! Minggu lalu saya coba bikin tempe lewat bantuan YouTube dg menggunakan ragi tempe yg sama, RAPRIMA. Dlm video menggunakan 1 sd teh u 1 kg kedele. Tapi di kemasan hanya perlu 2 gr ragi! Saya ngikutin yg di YouTube… Pantesan gagal krn kebanyakan ragi.
    Malem ini saya rendam kedele lg! Mau ngikutin aturan seperti di web side ini. Tp saya liat ada keterangan lain (di kolom jawab an) dr tempe (apa kah anda?) dimana ada perbedaan cara saat ngasih ragi. Info cara paling atas saat biji tempe masih hangat! Tapi dijawaban oleh tempe saat biji tempe dingin. Dan menggunakan 1 gr u 1 kg kedele. Mohon bantuannya…terima kasih banyak.

    mmg cukup pakai ragi +_ 2grm saja
    dan berikan saat kedelai sudah bersih dari kulit ari nya dalam kondisi dingin.

  2. Ragi tmpe itu g sama dgn ragi yg untk tape itu tahan

    lw ragi tempe itu bisa di dptkn dmn gan
    mhon infox

    ya beda, pesan kami aja

  3. saya membuat tempe menjes di Inggris 5 kali pembuatan selalu berhasil, tetapi 3 kali terakhir selalu gagal tidak tumbuh jamur, proses dan prosedur yang dibuat sama.
    proses pregmentasi terjadi ditandai dengan meningkatnya suhu ruang sampai 30 C, apa kira kira yang menyebabkan tidak tumbuh jamur ya pak

  4. Hi there very cool web site!! Man .. Beautiful .. Superb ..

    I will bookmark your blog and take the feeds additionally?
    I am happy to search out a lot of helpful information right here within the submit,
    we need work out extra techniques in this regard, thanks for sharing.
    . . . . .

  5. Saya coba bikin tempe 400g kedelai 3/4 sdt ragi tapi hasilnya Hitam kayak busuk gitu .
    Saya kasih 4 sdt Apple cider di ahir rebusan kacang , apakah cara Saya betul , atau perlu Kah di kasih semua can cuma kaya gitu apa engga ?
    Terima kasih .

  6. jika suhu dingin bisa menggunakan ari panass untuk mencampur ragi drg air ajh masuk.n kcang yg sudah siap kedalam wadahh lalu tambahkan air . panas dan sedikit air biasa supaya terasa hangat lalu tambahkan ragi dan aduk samapi rata diam kan beberapaenit dan tiriskan supaya bener” tiriss lalu siap deh masuk.n ke kantong plastik

  7. Halo,

    Sy sudah mencoba buat tempe sagu 4x tapi hasilnya selalu saja gagal.. tempeny basah dan berbau..

    Cara membuatnya : kedelai rendam kurleb 12 jam kemudian dikupas kulitnya, rebus 30 menit. Tiriskan sampai kering dan kasih ragi. Stlh ragi rata campur dg twpung sagu, masukkan plastik padatkan dan beri lubang kecil. Tutup dg serbet dan masukkan dalam lemari. Stlh 1.5-2hr hasilnya kedelai masih berpisah dan basah.

    Adakah tips agar tempe sagu nya bs jadi? Sudah hampir menyerah buat tempe sagu ini.

    Terima ksih banyak.

  8. Kami bikin tempe di bbrapa bungkus , ,ada yang di bungkus kecil dan tipis, ,dan ada yang dibungkus di plastik besar dan tebal. . .yang dibungkus kecil , hasilnya bagus dan enak , ,tapi kenapa yang di bungkus besar malah busuk ya? padahal dari adonan / bahan yang sama , hanya beda wadahnya . .mohon pencerahannya , ,mau buat tempe di ukuran besar soalnya. ..terimakasih pak/bu

  9. Saya pembuat tempe…secara turun temurun lebih kurang udah 30tahun.
    Resep kami sederhana yaitu mencucinya harus benar2 bersih…setelah di pecah…hingga baunya hilang…

  10. kalu cara saya,bikin tempe.
    1-cuci kedelai dengan bersih.lalu di rebus hingga matang.
    2-setelah matang.angkat lalu di rendam dengan air bersih,selama 1 hari.
    3-selah di rendam,di cuci dengan air bersih,lalu bilas agar kedelai terbelah jd dua,dan buang kulit arinya.
    4-pemberian ragi.ragi di campur dengan tepung beras.kasih air,lalu disiramkan merata ke kedelai.lalu tiriskan.jangan lupa 10 kg kedelai cukup 1 sdm ragi.
    5-setelah tiris citak dengan menggunakan plastik yg sudah di lubangi.lalu simpan dengan di tutup karung,selama 1 hari.besoknya baru di keluarkan,agar terkena udara.biar hasilnya baik.
    Di jamin berhasil,soalnya sekarang saya sudah mengahabiskan 1kw kedelai untuk bikin tempe.jual tempeny di pasar jatibarang indramayu.semoga bermanfaat buat teman2.

  11. Salam kenal, saya mencoba membuat tempe beberapa kali tapi gagal terus. Mulai dari mencoba dengan 1kg kedelai sampai 250gr kedelai. Percobaan tersebut antara lain dengan merendam semalam kedelai kemudian mengupas dan merebusnya. Atau merebusnya 2x untuk memudahkan pengupasan. Saya memakai ragi Raprima. Untuk 250g saya pakai kira-kira 1/4-1/2 sdt. Sebelum pengepakan saya tiriskan dan biarkan hingga semua air menguap di atas nampan datar dan peragian dengan menggunakan sendok kayu untuk menghindari kontak dengan tangan. Pengepakan dengan plastik yang telah dilubangi dan saya simpan di incubator dengan suhu sekitar 30. Ketebalan kedelai dalam plastik 1.5cm. Setelah semalam tidak tumbuh jamurnya. Kemudian di hari berikutnya kedelai jadi kekuningan dan bau amoniak. Ada jamur di hanya di pojok2 dan agak basah/berair di tengah-tengah, dan lembek. Kira-kira dimana letak kesalahannya ? Semua alat yang saya gunakan bersih. Saya tinggal di Perancis dan percobaan saya lakukan di musim semi dan musim panas. Mohon infonya.

  12. Saya Rino.
    Saya mau menanyakan, apa ada pengaruh besar jika ragi tempe saya masukan kedalam kulkas?
    Karena semenjak saya masukan ragi ke dalam kulkas, tempe saya tidak jadi.
    Mohon pencerahannya.

  13. halo mas, saya posisi di negeria, minggu lalu saya membuat tempe foemula nya kedelai 5 gelas, dan ragi tempe 1 sendok makan (tidak penuh),
    saya rendam 1 malam,
    saya rebus mendidih 30 mnt,
    saya dinginkan,
    saya pisahkan kulitnya,
    saya bilas,
    lalu saya rebus mendidih 30 menit,
    saya tiriskan,
    saya dinginkan dan keringkan.
    finally, saya bagi kedalam 5 kantung plasti (setelah diberi ragi).
    nah 3 plastik busuk, 1 plastik bau, dan 1 plastik OKE (rasa sedikit pahit).
    kira kira alasannya kenapa ya mas, kalo gagal kok gak gagal semua, kalo berhasil kok gak berhasil semua ya…
    NB : alat yg dipakai sudah free oil, dan free salt…

    1. 1. siapkan 1 grm ragi untuk 1 kg kedelai, terlalu byk ragi membuat tempe jd busuk.
      2. Rebus 30 menit sampai ckp empuk (jgn telalu empuk).
      3. Tiriskan dan dinginkan.
      4. Kuliti kedelai dgn serbet kain. Tekan2 spt membuat adonan roti.
      5. Kedelai yg sdh bersih rendam 12-24 jam hingga enzim kedelai terbuang,
      6. Cuci 3 kali sampai tak berlendir.
      7. Tiriskan.
      8. Rebus ulang, matikan api stlh mendidih.
      9. Tiriskan dan dinginkan kedelai , dgn meratakannya diatas serbet kering.
      10. Pastikan kedelai benar2 dingin dan kering dari air.
      11. Taburkan ragi merata. Aduk sampai rata.
      12. Paking kedelai dlm plastic kantongan, dan tutup dengan api atau isolasi.
      13. Lubangi plastic dengan tusuk gigi dgn jarak 2 cm
      14. Simpan dlm suhu ruang, jangan ditumpuk, alasi dengan rak berpori untuk pernapasan, (karton)
      15. 17 jam butiran air akan tampak, 21 jam spons putih mulai tampak, 24 jam tempe sdh jadi.

  14. Maaf mungkin saya terlambat ..utk bertanya klau mau beli rahi tempe di Jerman dimana ya… Krn saya tinggal di South Jerman mohon info nya

    1. ongkir ke jerman Rp. 650.000,- + 1 ragi tempe Rp. 25.000,- = Rp. 675.000,-
      transfer ke BCA 135 014 0006 an Sugiarto, pesanan kami kirimkan setelah ada sms konfirmasi transfer ke 08123968899, atau lewat email.
      trims

  15. Hi pak,
    Saya baru coba sekali bikin tempe dgn ragi raprima dan langsung jadi bagus.. Cuma rasanya plain bgt ga spt yg ada di pasar.. Berarti apa yg kurang ya dari proses pembuatan nya?

  16. salam kenal
    mohon masukannya mas.
    untuk membuat tempe terlihat lebih mengembang.. putih jernih dan rasanya benar-benar gurih apa yh resepnya ?
    saya sudah sering buat tempe tapi kualitasnya masih biasa-biasa saja
    terima kasih

  17. Pagi mas,
    Mau nanya nich, aku sudah sering bikin tempe,tapi kenapa sering ga padat hasil tempenya
    Ada 1 lagi pertanyaan,2,5kg kedelai kering raginya 1 sendok teh,apa 2,5kg kedelai basah(maksudnya sudah di rendam) raginya 1 sendok teh?soalnya kdg nanya teman,katanya kurang ragi

  18. Kerenn..
    Terimakasih atas tulisan yang bagus dan berguna,
    ada 1 hal yang mau saya tanyakan.
    ” Jika tempe yang telah dikasih ragi akan dikirim ke luar daerah, adakah cara untuk memperlambat proses penjamuran ??, misal : untuk tempe “mendoan” khas Banyumas, maksimal 2 Hari pengiriman sudah timbul bercak hitam (jamur busuk), nah untuk mencegah hal seperti itu apakah ada caranya??”

    Kiranya ada masukan untuk saya..
    Terimakasih…

  19. Mau tanya untuk normalnya bikin tempe itu setelah dikasih ragi dan dibungkus biasanya berapa lama untuk bisa menjadi tempe? Trims

    1. mas….gimana caranya rebus kedelai tempe biar cepat empuk mas….saya rebus selama 3 jam kok ga empuk juga mas,paadahal api besar,air juga 5x tinggi kedelai.mohon saranya ya mas….terima kasih kepada yang sudah sudi memberi saran buat ana.

  20. Jadi pengen nyoba bikin tempe. Untuk pengiriman ke Banda Aceh via Wahana berapa/kg? Dalam 1 kg itu muat berapa bungkus ragi? Terimakasih.

    1. sya mau tnya bsar modal yg di prlukan brapa??

      proses pemasaran tempe,bsr kerugiannya..??

      hambatan2 yg prnah di temui oleh produsen tempe slama ini??

  21. Sy sudah buat tempe.
    Dn alhamdulillah berhasil. Yg mau saya tanyakan tentang cara yg bener seperti apa ya mas dlm membuat tempe? Saya pakai cara kacang kedelai pertama2 sy cuci bersih lalu saya rebus, setelah direbus saya diamkan 1hr dgn air rebusan. Stelah 1hr perendaman sy cuci dn sy kupas kulitnya, slanjutnya sy rebus kembali untuk menghilangkan bakteri2 slama perendaman. Sy rebus +/- 1jm setelah itu sy tiriskan dan didinginkan lalu saya beri ragi yg sudah sy campur dengan tepung beras.
    1. Yg mau saya tanyakan apakah cara sy sudah benar?
    2. Kenapa tempe yg sy buat ad saja bagian yg tidak padat? Terkadang dibagian tengah atau diujung. Sy sudah coba tipiskan ketebalan tempeny tetapi ttp sj ad bagian yg tidak ad “snownya”. Adakah yg kurang atau salah?
    3. Untuk rasa kl sy makan dn benar2 merasakan agak seeediiikiiittt pahit. Ini sy sadari ketika dpt oleh2 tempe dr belanda. Apa ya yg kurang? Bagaimana cara mengatasinya ya? Makaih yo udah mau jawab. 😄

    1. Mas saya penasaran bangetzz pengen bisa cara membuat tempe sendiri. Soalnya aku rasain tempe disini kurang se enak kalo kita makan diindo..bau nya dan rasanya pun beda.padahal disini seperti nya kedelainya lebih bagus..tp bisa nga y a mas ragi nya dikirim ke Australia sini mas. ..trmksh..desti

    2. sepengalaman saya,perebusan pengganti perendaman awal adalah tak masalah,karena sama2 proses pelepasan kulit dan penyerapan air kedalam kedelai. Kalau dibagian pinggiran dan tengah atau yang tak rata sporanya/snow,itu rongga udara kurang atau titik panasnya berkurang. mgkin bibsa coba diberi rongga dibagian yang tak rata,insyaLlah merata sporanya. pencampuran tepung beras dalam ragi,dimaksudkan sebagai pakan sporanya/jamur ragi, sedang kalori untuk spora tumbuh. Saya pernah mencoba dengan itu kadang berhasil kadang tidak tergantung kelembapan dan komposisi tepung dan ragi 1:2. dan terakhir itu yang pahit adalah tanpa adanya sesi perendaman kedelai setelah dibilas kulitnya,karena asam kedelainya tinggi,jadi perlu diberi cuka sedikit dalam perendaman.

      skemanya jadi begini,
      1. cuci kedelai/sortasi hingga bersih.
      2a. rebus hingga empuk kedelainya/2b. rendam kedelai hingga empuk
      3a-b. sortasi kulit/pisahkan daging & kulit
      4a. rendam kedelai dan tambahkan cuka secukupnya(untuk memberi rasa dasar kedelai)dan bertujuan menhilangkan asamnya, +- 1hari/ 4b. kukus hingga empuk
      5a. cuci kedelai dari sisa perendaman/ 5b. tiris dan anginkan dalam tampah.
      6a. kukus hingga empuk/ 6b. taburi ragi secukupnya dan packing.
      7a. tiris dan anginkan dalam tampah
      8a. tabur ragi+t.beras 2:1 dan packing.

  22. mav mau nanya, kalo setelah direbus kacang kedelenya trus di dinginkan tapi tidak langsung di kasih ragi.. bisa ga yah? kira-kira kacang kedelenya bisa berapa lama tahannya setelah di rebus? karna saya mau buat praktikum di kampus. jadi kedele di rebus dirumah dan baru di kasih ragi nya di lab kampus, tapi saya takut basi.. gimana yah?

  23. Mas saya tinggal di yaman,dan peminat tempe suangat banyak sekali karna pelajar indonesia disini sampai mencapai 6000 siswa,dan semua peminat tempe,,,
    Yg saya tanyakan saya ingin menjual tempe disini tapi setiap bikin selalu berhasil tapi sayang rasanya pahit dan baunya agak nyengat gtu akhirnya tempe saya ga laku dikira saya jual tempe basi lagi,,,,,kira2 penyebabnya apa ya? Pdhl saya sudah mengikuti semu langkah2 diatas,dan saya juga pemakai ragi raprima tgl sdh kadaluarsa dari desember lalu tpi masih bagus dan tidak bau apek,, juga saya menyimpannya ditempat yg kering trus yg ingin saya tanyakan selain rasa pahit pada tempe tadi,apakah berbahaya menggunakan ragi raprima yg sdh kadaluarsa 3 bulan yg lalu??? Karna disini tidak ada ragi,,,, tolong ya mas dijawab!? Thx

  24. Mas saya tinggal di yaman,dan peminat tempe suangat banyak sekali karna pelajar indonesia disini sampai mencapai 6000 siswa,dan semua peminat tempe,,,
    Yg saya tanyakan saya ingin menjual tempe disini tapi setiap bikin selalu berhasil tapi sayang rasanya pahit dan baunya agak nyengat gtu,kira2 penyebabnya apa ya? Pdhl saya sudah mengikuti semu langkah2 diatas,dan saya juga pemakai ragi raprima tgl sdh kadaluarsa dari desember lalu tpi masih bagus dan tidak bau apek,, juga saya menyimpannya ditempat yg kering trus yg ingin saya tanyakan selain rasa pahit pada tempe tadi,apakah berbahaya menggunakan ragi raprima yg sdh kadaluarsa 3 bulan yg lalu??? Karna disini tidak ada ragi,,,, tolong ya mas dijawab!? Thx

  25. Excuse me
    ada Tanyaan nih, aku di taiwan, kog. tempe jadinya bagus sekali tapi cepat sekali busuk. kepingin di + kan obat pengawet. nama obat dan cara pernakaiannya gimana. tolong deh, trim,s.

    Could you please reply me to my email? Thank you so much.

    1. tidak baik bagi kesehatan untuk menambahkan bahan pengawet makanan. lebih baik alami saja. simpan di lemari es saja

  26. semua yang petunjuk katakan betul.
    saya 3 kali gagal, akhirnya dengan pakai logika
    saya tambah sendiri sedikit lagi raginya, ehhh Califonia keluar snow!
    karena di california lebih dingin dari Indo perlu tambah sedikit gitu lah

    Sebelum ditaburin ragi saya tambak satu sendok tepung beras, seperti ibu saya
    membuat tempe, dikasih atau tidak juga jadi.
    cuman menurut saya ragi itu akan melekat di kedelai lebih baik.

    Juga saya coba buat pakai garbanso kedelai, beli di toko india yang sudah
    di kupas dan dibelah, wah… sama juga seperti california snow….
    cuman sedikit pahit tapi nutritionja tinggi.
    Tapi kedelai is the best.
    Akhirnya setelah 40 th di California berhasil makan tempe sendiri.
    Mau di jual buat tambahan pensiunan? mungkinlah gitu. kalau ada waktu
    Jangan menyerah , coba terus pakai logika dan kurang lebihnya.

    1. Selamat buat anda mr. ing wei (y)
      sebagai informasi buat pemirsa, saudara ing wei asal indonesia sudah 40 th berada di california USA, dan ingin merasakan Tempe yang dulu adalah makanan favoritnya. Karena itu beliau mencoba membuat tempe dengan mencoba membuat ragi tempe sendiri dan akhirnya berhasil.
      memang jika cuaca dingin, kita membutuhkan ragi tempe lebih banyak dari takaran yang dianjurkan. dan ada baiknya juga bila menggunakan kotak penghangat sperti mr. ing wei pakai dari kulkas bekas yang dimodifikasinya.
      Tempe yang anda buat bisa anda gunakan sebagai Snack gurih, menjadi kripik tempe (Tempeh Crackers). krupuk tempe.
      potong tempe tipis- tipis mengunakan mesin potong, lalu berikan bumbu sesuai selera (rasa pedas, asin, manis, barbeque,keju, etc) dan goreng kering. maka anda akan mendapatkan penghasilan yang lumayan.
      Good Luck…

    2. Hello mr.Ingwei saya pengen tahu kamu berhasil buat tempe sendiri dinegara yg aada 4 musim gimana caranya? Pengalaman anda sangat membantu saya terima kasih sebelumnya

  27. Saya mo nanya saya tinggal di Dubai.. setelah saya amati smua saran saya agak kesulitan mo bikin tempe, karna saya lagi pengen bgt makan tempe tapi cuaca sekarang lagi musim dingin, sekitar 9 sampai 11 derajat kalo malam ke paginya, gmana ya ngatasinya takut gagal karna bahanya cuma sedikit dapet dari teman, dan kalo ongkos kirim ke dubai berapa ya mas.. dan minim harus pesen berapa kg. trims

    1. Desi,

      Coba beli lemari es bekas.
      Saya beli bekas lemari es 35$ masih bagus cuman kakinya patah.
      Saya matikan pendingin dan freezernya, jadi dipakai sebagai box saja.
      kemudian drill dibelakangnya, masukin kabel listrik, dikash lampu 11 watt sampai 25 watt
      tergantung besar kecilnya lemari es.
      Saya ganti2 lampunya sampai fit 89 F sesuai dengan aturanya.
      selama 24 jam jamur tempe akan keluar.
      good luck

  28. Assalamu’alaikum…

    Saya mau sharing pengalaman membuat tempe. Percobaan pertama gagal, percobaan kedua Alhamdulillah berhasil 🙂

    Saya dapat kiriman ragi tempe Raprima dari kawan saya di Bandung. Kebetulan sekali ada websitenya. Saya pelajari cara membuat tempe juga postingan dari sesama pembuat tempe.

    Percobaan pertama gagal karena saya menyimpan tempe dalam suhu yang terlalu panas (suhu udara 26 C, kelembaban sangat rendah dibawah 20). Saya simpan dalam ruang boiler (untuk memanaskan ruangan). Hasilnya tempe cepat “berkeringat” tetapi yang tumbuh adalah hifa berwarna hitam. Bau tempe busuk dan rasa pahit.

    Percobaan pertama saya buat karena sekarang sedang musim dingin dan berharap fermentasi menjadi lebih cepat dengan menyimpannya dalam ruang yang panas dan kelembaban rendah.

    Percobaan kedua, saya tambah ragi sedikit lebih banyak dari yang disarankan (karena musim dingin). Saya bungkus kedele dalam plastik-plastik kecil, saya simpan dalam tempat kue besar dan saya letakkan diatas kulkas. Setelah 3 hari kacang kedelai mulai ditumbuhi hifa putih dan 2 hari kemudian sudah menjadi tempe.

    Jadi kesimpulannya, pelajari dengan cermat cara membuat tempe diatas, juga postingannya. Insya Allah anda bisa membuat tempe 🙂

  29. Met mlm> mau tanya nih? kalau krm keHamilton(Canada) ongkos krm brp<hrs pesan brp banyak,brp lama tiba Cnd n tempe bisa tahan brp lama thx.

  30. makasih ya pak…
    saya jadi tau gimana cara bikin tempe dari awalnya 😀
    bermanfaat juga buat tugas IPA besok 😀

    #gomawo^^ eh mksd.a makasih^^

  31. saya sudah buat tempe hari pertama bintik embun telah muncul, hari kedua jamur rizopus telah keluar walau belum merata dan pada hari ketiga jamurnya hilang dan tempenya membusuk?apa penyebabnya?apakah faktor cuaca mengingat sekarang sudah musim penghujan?klo untuk takaran raji sy sudah pakai sesuai anjuran? mohon penjelasan

  32. Mas mau tanya dong,klo ragi tempe bisa d ganti ragi yg biasa gak yachhh?soalnya ak tinggal d eropa tengah dan belum nemuin ragi yg d butuhkan…

  33. Pak, kedelai direbus sampai lunak. Seberapa lunak ? apa sampe lunak seperti kacang merah/tolo dalam rendang/gudeg ? atau seperti kacang tanah rebus yang masih agak2 kres2 waktu digigit (sedikit keras) ?

    trims

  34. mas saya mau tanya?nama saya ermin di ciputat> sebelumnya saya mau tanya saya sudah coba bikin tempe tapi setelah dua hari tetapi jamur rizopus sp tidak menyebar keseluruh kedelai.sehingga ketika saya coba goreng hancur(terpisah antara kedelai yg satu dengan yg lainnya)kira-kira apa penyebabnya ya mas>apa kebanyakan ragi atau sebaliknya?mohon penjelasannya!terima kasih

  35. Assalamu’alaikum.wr.wb.
    Matur nuwun sanget dumateng panjenengan ingkang sampun nularaken ilmunipun panjenengan liwat internet, sehinggo manfangat sanget bagi penerus bangsa.
    Matur Tahnk you nggih..
    Wassalamu’alaikum.wr.wb.

    1. Assalamu’alaikum.wr.wb.
      Matur nuwun sanget dumateng panjenengan ingkang sampun nularaken ilmunipun panjenengan liwat internet, sehinggo manfangat sanget bagi penerus bangsa.
      Matur Thank you nggih..
      Wassalamu’alaikum.wr.wb

      1. Assalamu’alaikum.wr.wb.
        Matur nuwun sanget dumateng panjenengan ingkang sampun nularaken ilmunipun panjenengan liwat internet, sehinggo manfangat sanget bagi penerus bangsa.
        Matur Thank you nggih….. 🙂
        Wassalamu’alaikum.wr.wb

  36. ragi tempe bisa dibuat dari tempe yg dikeringkan ga? trus apakah hasilnya sama dgn memakai ragi jadi? apakah saat fermentasi pembuatan tempe ruangan harus hangat? soalnya sya tinggal dijepang yg tingkat kelembapannya tinggi, krna sya bikin tempe ga pernah jadi…mohon solusinya..

    1. untuk buat ragi sdh ada artikelnya… silahkan dibaca di web.
      mengatasi kelembaban tinggi bisa di manfaatkan lampu dop 5 watt, didalam almari

  37. takaran raginya berapa untuk 1 kg kedelai ? kok di bungkusnya tertulis 2 gr ragi untuk 1 kg kedelai tetapi di website kok 1,5 gr ragi untuk 2 kg kedelai ? yg benar yg mana ?

    1. macama pak saya jg senang (y) 🙂 , memang ada pepatah practice make perfect , banyak berlatih akan membuat semakin sempurna thx…

  38. Saya mencoba buat tempe lagi dengan lebih higienis, tp hasil nya kok masih sama ya…?
    Hari kedua setelah pembuatan tempe mendoan saya kelihatan bagus dan terlihat spt tempe biasanya. Tapi pada hari ke tiga mulai berwarna kuning dan berbau amonia. Daun pisang pembungkusnya jg bewarna kuning dan basah pada sisi yg bersentuhan langsung dgn tempe.

    Apakah terlalu banyak ragi bisa menyebabkan hal spt diatas ? karena fermentasi berlangsung terus shg menjadi berkeringat dan bau ?

    Saya merebus kedelai selama 2 jam. Apakah ini terlalu lama sehingga menyebabkan hal di atas?

    Trims
    Erry

    1. media apa yang anda pakai? apakah dalam wadah kotak plastik spt tupper ware? mesti ada lubang sirkulasi udara. untuk pemakainan ragi mmg sedikit, lihat takarannya. dan untuk lama perebusan tidak ada patokan pasti asal matang.

  39. hai mas ..
    mau share ni , saya lagi ada projek dari sekolah untuk membuat inovasi baru . saya berniat untuk membuat tempe berbahan dasar kacang hijau .
    nahhh saya mau tanya,,,,, untuk prosedur nya sama saja kan dengan pembuatan tempe biasanya ? terima kasih 🙂

    1. Untuk pertanyaan anda, sebelumnya sudah ada yg bertanya. Karakter kacang hijau berbeda dgn kedelai. kacang hijau jika ditanak akan menjadi lembek, berbeda dgn kedelai yg masih relatif keras. jadi tentunya tidak bisa dibuat tempe. namun silahkan mencoba dan berekperimen dan berinovasi….

      1. iya kak . dari hasil yang saya coba koq jadi berbau gitu yaa ? dan tekstur nya pun lunak ..
        boleh minta usul nggak kak , kira-kira apa yang bisa dijadikan bahan dasar pembuatan tempe selain kacang kedelai ?

  40. Numpang tanya nih,campuran bt bikin tempe yg paling bagus tepung apa ya,tapioka,beras,apa terigu atau ada yg lainya,and perbandinganya 1:berapa? Kira2

  41. Saya sudah coba bikin lagi dengan lebih higienis, tapi kok hasilnya masih sama ya…?
    Pada hari kedua setelah pembuatan tempe mendo saya terlihat bagus, tapi pada hari ke tiga mulai ada warna kuning dan bau. Daun pisang pembungkusnya juga menjadi kuning dan berair pada sisi yang bersentuhan langsung dengan tempe.

    Apakah terlalu banyak ragi membuat proses fermentasi berlangsung lama ? sehingga tempe berkeringat dan basah yang membuat tempe jadi busuk dan bau ? saya memakai setengah sendok teh untuk setengah kilo kedelai.

    Apakah memasak kedelai terlalu matang juga bisa membuat tempe mudah busuk ? Saya memasak kedelai selama 2 jam setelah direndam selama sehari.

    terima kasih
    Erry

  42. Ha ha DB ? Iya saya udah berhasil tapi itudah kok bisa pahit ya? Yg pertama juga sama, jadi tempe tapi tempe pahit ha ha versi baru ala buatanku, kayaknya saya penemu tempe pahit nih ha ha, temen saya penemu tempe busuk tempe nya nggak pernah jadi, apa mungkin karena airnya? Kita tinggal di apartement mungkin kadar airnya terlalu banyak zat kimia? Karena setau saya air disini kebanyakan dari air limbah yg di proses, Ragi saya baunya enak dan kering,
    Punya temen saya tempenya agak busuk..
    Punya saya tempenya bagus putih bersih, TAPI pahit, bercak merah, baunya aneh….bau kayak zat kimia, kurang tau dah ngejelasinnya…

    Thank you lo mas udah balas email saya, kita di bangkok banyak komunitas indonesianya, jadi kita semua kangen sama masakan indonesia, ..

    1. Disebutkan bahwa Tempe anda Jadi dan hasilnya bagus, itu berarti cara dan proses fermentasinya benar. namun yg jd masalah adalah ada Rasa Pahit, nah jika demikan yg salah ada pada bahan2 nya bukan pada Ragi dan cara buatnya. Anda sebutkan mungkin air ledengnya pakai byk bahan kimia, sekarang coba pakai air minum “AQUA” misalnya. trims

  43. Mas, diatas ada yang tanya tempe pahit, dan itu terjadi juga dng saya dan jawaban di sebutkan salah satu penyebabnya adalah kurang matang. Pertanyaanya berapa lama kira2 harus di tanak/ direbus ya mas? Trims ya…..

  44. Hallo mas met pagi, aku mau confirm lagi nih minta advice nya, tempeku jadi bagus, tapi kok rasa nya pahit trus ada bercak bercak merah?.?? Itu masalahnya dimana ya. Thanks…

    1. waduh, ada bercak DB :), anda pernah berhasil membuat tempe. coba di ulangi dengan lebih cermat, mungkin ada yg kurang perhatian. semoga berhasil (y)

  45. HAri minggu lalu saya membuat tempe sendiri dengan menggunakan ragi tempe Raprima.
    Tapi sebenarnya ragi tsb sudah melewati masa kadaluarsa 3 minggu yg lalu. Menurut orang yg jual ragi, katanya kalau ragi nya di jemur nggak apa2 walaupun sudah kadaluarsa.
    Akhirnya minggu lalu saya buat tempe dan 2 hari kemudian saya lihat sudah jadi, terlihat sudah banyak putih2nya dan kelihatan spt tempe. Tapi sehari kemudian waktu mau saya goreng kok tercium bau amonia dan basah. Saya membuatnya adalah tempe mendoan yg tipis2 dan memakai daun pisang.
    Pertanyaan saya, apakah tempe saya yg bau ini karena Ragi yg sudah kadaluarsa atau karena sy membuatnya kurang higienis. Saya memakai daun pisang tanpa di cuci, hanya saya lap pakai kain bersih. Kemudian kedelai tidak saya cuci, langsung saya rendam.

    Pertanyaan berikutnya, apakah efeknya kalau memakai ragi yg sudah kadaluarsa? benarkah ragi akan berfungsi lagi bila kita jemur?

    Terimakasih…

    1. ragi tempe sebenarnya jika tidak berbau apek msh bgs digunakan dan memang dijemur sangat baik untuk mempertahankan ketahanannya maka sebaiknya penyimpanannya mengunakan silica gel shg tidak lembab dan tetap kering shg ragi tahan lama. jadi masalah bukan pada raginya, namun pada bahan dan proses produksi berikut perangkatnya termasuk daun pembungkusnya harus bersih. silahkan coba lagi semoga berhasil…

  46. Mas apa kabar? Aku mau nanya lagi nih, akhir akhir ini aku bikin tempe and hasilnya bagus, putih bersih pokoknya nggak cacat, TAPI setelah di makan kok rasanya agak PAHIT. .? Saya nggak ngerti ya, apa yg bikin tempe jadi berubah rasa , padahal hasilnya bagus banget? Kira kira ada ide nggak?

  47. kira2 selain kedelei,, bahan dasar yang bagus untuk pembuatan tempe apa y??
    kira2 ada ngak bahan dasar lain pengganti kedelai untuk pembuatan tempe??

    1. wah pemikiran yg menarik nih :), silahkan berinovasi dan bereksperimen dan temukan tempe jenis baru….dan nama anda akan tercatat dlm sejarah…

  48. Hi mas, tempeku jadi loh…yeah..! Aku seneng banget, mungkin dulu kebanyakn ragi alnya saya bikin sedikit, buat yg belum bisa aku turut prihatin, terus mencoba pasti bisa ha ha

  49. Mas kenapa setiap resep beda? Ada yg di campur dengan tepung taipoka ada yg tidak di campur, apa itu juga pengaruh? Anyway thanks ya sorry terlalu berbeli belit..

  50. Oh ya mas Saya lupa ngasih tau, apakah tebal tipis nya plastik yg di pakai membungkus pengaruh? Kalau disini plastiknya tebal sekali, trus kedelai yg saya pakek sudah dikuliti, jadi nggak pakek proses pengulitan lagi, mana yg lebih bagus kedelai yg sudah dikuliti apa kedelai yg masih utuh? Dan kadang juga saya pekek plastik tapi nggak terlalu hangat, apa tempenya harus panas selama proses penjamuran? Bagaimana kalau dingin?

  51. Saya sudah berkali kali coba bikin tempe tapi tetep gagal, tapi saya nggak putus asa,…selalu mencoba dan minta dukungannya…

    Trims

  52. Mas met pagi, saya ayu , akhir akhir ini saya coba bikin tempe, udah sesuai dengan prosedur tapi kok nggak pernah berhasil? Bikin saya gila! Rendam 24 jam, dicuci dan di kuliti, di rebus sampek, di tiriskan dan di keringkan dengan cara saya biarin kena angin, trus di isi ragi dan di bungkus, satu dengan daun satu dengan plastik tapi hasilnya selalu busuk, apa kurang udara? Padahal disini kan cuaca selalu panas, minta advice nya dong, suami sama anak saya seneng banget makan tempe, ..
    Trima kasih banyak..

    1. Halo mbak Ayu, wah semangat 45 pantang menyerah Merdeka (masih 17 an :)), coba praktekkan sesuai prosedur di web caramembuattempe.com dan periksa exp ragi tempe, sebaikknya pakai kedelai utuh yg belum dikuliti. pakai Plastik kantongan uk 1kg, tebal secukupnya dan setelah masuk ke kantong plastik klem dgn api lilin dan kemudian tusuk2 dgn lidi untuk sirkulasi udara. semoga berhasil

      1. Ya…MERDEKA..!!!
        Ya saya akan coba lagi ini kebetulan saya mau rendem kedelai, saya udah check rai raprima nya tapi nggak ada tgl exp? Masih bau enak dan nggak menggumpal, saya taruh di loker kedap udara, bagaimana cara mengetahui ragi nya exp atau nggak? Ya mau tak coba lagi kalau masih belum bagus ya di coba lagi he he

  53. kak…bisa di kirim ke Rumania gak ya ragi tempenya??? soalnya saya tinggal dsni dan ingin ngisi waktu luang…soalnya suami saya pas ke Indo doyen banget tempe

    1. kami sdh pernah kirim ke australia, kami bisa kirimkan ke Rumania
      lewat kantor pos indonesia. namun kalo kirim ke Eropa ongkirnya lebih
      mahal daripada ke USA.
      namun karena sekarang lagi 17 agustus hari kemerdekaan , dan tgl 20
      agt libur Lebaran, maaf kami tak bisa mengabarkan ongkirnya. seminggu
      setelah lebaran baru bisa dpt info nya trims.

    2. pak saya juga berharap bisa dikirimkan ragi tempe dari indonesia, saya di Belize, amerika tengah.
      Alamat saya di Renaissance tower apartments, 8 Newton barracks, unit 202. Belize city Central Amerika.

      Tolong diinfokan biaya pengirimnanya ke email saya ahmad_chyd@yahoo.com

      Thanks

  54. maaf mas saya mau tanya kalau saya pesan ragi tempe ke anda apa bisa d kirim ke alamat saya maksudnya saya di luar negeri{sweden]dan berapa harganya per bungkus terima kasih banyak ….

  55. wah ada peluang usaha nih. kalau aman pembuatan ragi tempe sendiri, saya bisa jual di perancis soalnya penggemar tempe disini bukan hanya org indon bule2 juga pada suka.terima kasih

  56. Saya tertarik sekali ingin mencoba dengan kedelai hitam.tapi pada prosedur ada step kulitny di buang.apakah jika saya menggunakan kedelai hitam akan terbentuk tempe yg tidak ada bedanya dengan kedelai biasa?op

  57. mas pembuatan ragi tempe itu apakah aman??? saya takutkan nanti yg tumbuh malah jamur berbahaya..apa sudah pernah di coba sebelumnya. terima kasih

  58. Mas, kalau di kampung saya (daerah Jawa Timur) dalampembuatan tempe menggunakan tambahan pepaya muda,namun saya tidak pernah tanya untuk apakah fungsi pepaya tersebut.
    kira-kira mas tau fungsi pepaya tersebut, dan bagaimana cara penggunaannya.
    terima kasih

  59. saya di italy,tidak menemukan ragi,juga di luxembourg,
    dimana bisa saya mendapatkan ragi
    apakah ragi tape bisa menggantikan ragi tempe,karena saya juga tidak menemukan keduanya disini…

    1. Halo miss Winar,
      Ragi tape berbeda dgn ragi tempe dan tidak bisa saling menggantikan fungsinya, ongkirnya pasti mahal, nanti kami kabari ongkirnya. Trims

    1. gunakan ragi tape secukupnya, 1-2 butir tergantung bahan anda, singkong lumuri / taburi seluruh badan singkong dgn ragi, demikian jg gunakan secukupnya pada bahan ketan

  60. mas sya mau tanya apakah benar alat2 untuk membuat tempe harus tidak bau minyak dan garam??sya pengen buat tapi kata ibu sya kalo alatnya bau minyak,garam tempenya ga jadi.trimaksih 🙂

  61. mas saya mau tanya lagi kenapa jika saya bikin tempe, hasilnya selalu lembek jadi tidak bisa digoreng kering. terima kasih sebelumnya

  62. Om, caranya bikin tempe sampe awet dan ga jadi busuk itu gmna?? Jadi tempe itu masih teteb awet sampai beberapa hari ato sampai 1-2 minggu dan ga busuk..

    1. dengan bantuan kotak seperti tupper ware, dalamnya dialasi daun yg cukup lebar, lalu isi kedelai yg sdh ber ragi, kmd lipat sisa daun menutupi atasnya lalu tutup dgn tutup tupperware tak perlu rpat, cukup letakkan diatasnya.

  63. masukin kedelai yg sudah di ragi-kan ke dalam pelastik sampai penuh atau di beri ruang? Mohon di jelaskan… Thx

    1. halo aurel, isi kantong plastiknya penuh namun tak padat shg bs dipipihkan, lalu ujungnya sulut api/ diklam, kemudian bagian atanya tusuk dgn lidi pd bbrp bagian

  64. Pak kami sudah membuat tempe, 1kg kedelai raginy 2 sendok makan. menggunakan plastìk tetapi lubangny di sayat pakai pisau. sehingga tempeny menjadi kehitaman-?
    apa penyebabny ya pak?

    1. Rasanya Ragi yang anda pakai terlalu banyak pak, takaran yg dianjurkan
      2 grm Raprima = 1kg kedelai
      1 sendok teh Raprima = 2,5 kg kedelai
      1 sendok Makan penuh Raprima = 10 kg kedelai.
      jadi untuk 1kg kedelai cukup pakai 1 peres sendok teh.
      demikian pula bisa jadi terjadi oksidasi berlebihan karena sayatan anda terlalu lebar, cukup tusuk dengan lidi/tusuk gigi. silahkan coba lagi semoga berhasil. ingat “practice make perfect”

  65. Pak mau tanya..saya sedang membuat Tempe disini sedang summer Dan panasnya mencapai 35 derajat,saya sudah mengikuti langkah diatas tetapi karna hanya membuat 500 gr saya memakai ragi raprima seperempat sendok teh,ini sudah dua hari satu malam sepertinya tidak keluar jamur2 Nya kenapa ya pak,klo dipegang tempenya sudah panas pak…saya menyimpannya didalam lemari dapur…sepertinya gagal ya pak??kira2 kesalahannya dimana ya pak?terima kasih pak atas jawabannya

    1. mohon maaf juga kami tidak dpt mengetahui jelas apa saja yg telah dilakukan, dengan apa anda membungkusnya, apakah dalam kantong plastik? dan apakah kantong plastik nya sdh di tusuk2 dengan lidi dsb? jika tidak berhasil dpt anda coba mengulangi sesuai langkah yg tertulis diatas, belajar butuh proses, semoga berhasil…

  66. Met malem mas..
    Saya pembuat n penjual tempe mas tp msh skala kecil, cuma 100 kg perhari.. Utk perkembangan usaha slain menambah kapasitas kan perlu juga inovasi2.. Nah yg sy tanyakan ßî§ã gk tempe dibuat tempe yg siap makan tanpa memasak lgi (di gado)..? Ya katakan kaya ‘tahu (kuning) pong’ kediri ato semacam nasi uduk..

    Harga kedelai impor perhari ini Rp 7.200 / kg.. ini udh terlalu tinggi mari kita demo utk menurunkan harga kedelai..!!!

    1. Wah, 100 kg perhari itu sdh besar mas 🙂 semoga makin maju ya, bagus pemikirannya untuk berinovasi perlu trial & error, perlu percobaan. Sebenarnya bahan tempe yg kedelai itu sdh matang dan siap dimakan, dan tempenya pun bs dimakan lgs, namun yg jadi pertanyaan adalah RASA nya apakah suka? dan itu jg masalah kebiasaan, jika kita dpt menjadikan hal yg tak umum menjadi umum di masyarakat ini sdh termasuk inovasi / terobosan baru. selamat berkreasi…

    1. Jika kita mau mencoba pasti ada kemungkinan berhasil, demikan sebaliknya yg tak mau mencoba tentu tak ada hasil :), ada pepatah yg mengatakan banyak berlatih menjadikan kita seorang ahli, semoga sukses….

  67. Kbetulan baru dikirim Ragi Tempe Dengan merk yang sama…pak mau Tanya karna yg nanya diatas tentang berapa lama pengukusan blum dijawab pak…kira2 berapa lama waktu pengukusan atau untuk tahu apakah Sudah tanak atau belum bagaimana mencobanya pak?Dan untuk penyimpanan Ragi sebaiknya bagaimana pak..terima kasih

    1. Halo pak Naurifak,
      untuk mengetahui kedelai sdh tanak adl dengan mengicipinya, anda ambil sedikit dari dandang dan pencet tangan atau gigit serta rasakan dilidah. untuk lama pengukusan tentu tergantung jumlah byk kedelainya.
      Menyimpan Ragi tempe setelah dibuka tutup rapat ikat dengan karet kemudian masukkan dlm kaleng atau toples, lebih baik lagi jika di dalam toples itu ditambahkan pengering makanan silica gel. jagan ditempatkan diruangan yg lembab. Trims, semoga cukup membantu.

    1. Halo mbak dina, kacang hijau, tidak dpt dibikin tempe.
      coba aja mbak menanak kacang hijau, hasilnya pasti akan jadi bubur bagaimana bisa dibuat tempe?
      trims

  68. Bagus tipsnya mas. ketepak an ibu saya produksi susu kedelai. karena sama berbahan kedelai saya jd pengen belajar bikin tempe 🙂 iya disini gampang dicari. tapi kalo uda jauh dari tanah air kan repot ya. lumayan jg klo bisa usaha di luar negri spt film KCB 🙂

  69. bagaimana cara memisahkan kulit biji kedelai dengan cepat ,atau apakah ada alat atau mesin yang bisa memisahkannya, klw ada tolong info detail mesin nya
    terima kasih

    1. Dengan merendam kedelai, kulit mudah dilepaskan. jika memang berniat memproduksi tetntu butuh mesin. jika hanya untuk kapasitas kecil jelas tidak ekonomis beli mesin yang berkapasitas 50 kg.

  70. Akhirnya Ngidam saya keturutan. Sedang hamil 3 bulan, posisi di Bangkok. Disini g ada yg jual tempe. Pas browsing website, saya liat situs Anda ttg cara pembuatan tempe. Langsung saya nelp adik di Solo minta kiriman ragi tempe. Kok kebetulan yg di kirim adalah produk dr Anda. Kata adik saya, ragi tempe produksi anda memang yg paling bagus tuk membuat tempe dgn rasa yg enak . Terimakasih, info anda ttg pembuatan tempe sangat mudah di ikuti. Ngidam saya jadi keturutan.

  71. artikelnya bagus dan sungguh bermanfaat….
    admin membagi ilmu tentang tempe juga tidak setengah-setengah…
    terima kasih..
    sukses selalu untuk admin…

  72. Maz saya mao tny maz nie d daerah mana yach soaly saya mao pesen ragi tempe tkuty onkiry kmahalen soaly saya ada d SBY

  73. Mas numpang tanya ap ragi tempe N ragi tape itu sma ap gk???klo tdak sma daerah surabaya ato gresik d mn d jual ragi tempe
    Trimz

  74. Numpang nanya nihh… ^^. saya mencoba membuat tempe, tempeh nya kok jadi lengket (sedikit berlendir), dan rasanya pahit.kenapa ya?
    oiya kalo misal di luar negeri ada musim dingin, apa tetap bisa membuat tempe? atau ada kah tips tips khusus untuk membuat tempe di musim dingin?
    terima kasih banyak untuk tips tips, info nya..

    1. Halo ms theresia, tempe yg anda bikin sedikit berlendir, bisa ada beberapa kemungkinan penyebabnya. diantarnya prosedur yg tidak dilaksanakan dgn ckp benar, misalnya kebersihan bahan dan peralatan, kedelai yg kurang matang saat ditanak, atau mungkin ragi tempe yg tidak cukup baik penyimpanannya shg tidak memberikan hasil yg baik.
      sebaiknya anda coba lagi sesuai dengan urutan proses pembuatannya di halaman diatas.
      semoga membantu, trims

    1. Berikut Takaran Pemakainan Ragi Tempe
      2grm Ragi – 1kg kedelai
      1 sendok teh – 2,5 kg kedelai
      1 sendok makan – 10 kg kedelai
      untuk pemakaian secukupnya.

  75. Bisa minta no. Kontak atau pin  nya pak tuk pemesanan ? Ini diwilayah mana ya pak ? .•°°•.•° °••°  °••° °•.
    •. Thank You….°•
    °•..•°°•..•°°•.•°°•.• .

  76. untuk cara membuat ragi tempe sendiri dapat anda lihat diposting saya yang terbaru. jika mau praktis anda dapat memesan ragi Tempe RAPRIMA kepada kami dgn harga yg murah perbungkus cuma Rp. 20.000. terima kasih

  77. pak.. mmh qhU hRii ini bikin tempe… tapii d’sini kan suasanya dingin trus kata mmh kLo d’cni gX bsA bkind tempe pake daon banana… lahhh pokok’y nyebanyOL tyUzZ dachhh tUchh mmh.. reweL bkin tempe geh..

      1. afwan mas boleh pesan raginya ga’..?.1 bungkus aja yang 20 ribuan. buat percobaan dulu… lo oke berlanjut… yopo??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

all information about Tempeh